Resep Kue Bolu Coklat 4 Telur

Resep Kue Bolu Coklat 4 Telur ini, akan menunjukan cara membuat kue bolu coklat dengan menggunakan 4 telur saja.

Kue ini merupakan salah satu hidangan yang tak terlewatkan dalam acara spesial seperti acara ulang tahun, hari raya keagamaan ataupun acara linnya yang biasa kita selengarakan dirumah.

rese-kue-bolu-coklat-4-telur

Selain karena teksturnya yang lembut serta rasanya yang nikmat ketika disantap sambil minum teh atau kopi, bolu juga sangat cocok untuk kita jadikan camilan dirumah bersama keluarga tercinta.

Bila Anda membuat bolu dengan petunjuk bahan dalam resep ini, maka tidak perlu khawatir akan bahan pengawet atau bahan kimia lainnya.

Baca Juga :

Sebab, resep - resep yang kami sajikan dalam blog ini sudah pasti tidak menggunkan atau menambahkan bahan pengawet atau bahan kimia yang sangat berbahaya untuk kesehatan keluarga Anda.

Jadi, tunggu apa lagi? Segera siapkan bahan yang bakal kita pakai ya.. ^_^

Bahan Resep Kue Bolu Coklat 4 Telur

No Nama Bahan Jumlah Takaran
1 Telur Ayam 4 Butir
2 Gula Pasir 125 Gram
3 TBM/Ovalet/SP 1 Sdt
4 Tepung Terigu 125 Gram
5 Vanili 1/4 Sdt
6 Margarine Leleh 100 Gram
7 Susu Kental Manis 1 Shacet
8 Coklat Bubuk 1 Sdm
9 Air Panas Untuk Coklat 3 Sdm

Cara Membuat Kue Bolu Coklat 4 Telur

Jika sudah disiapkan bahan-bahan kue diatas silahlan ikuti step by step petunjuknya dibawah :
  1. Kita siapkan peralatan terlebih dahulu, pertama olesi cetakan dengan margarine. Jika Anda pakai oven untuk memanggang, oven dipanaskan dulu dengan suhu api sedang. Namun, jika Anda pakai baking pan, panaskan alas besinya.
  2. Sesudah itu, kocok telur, TBM dan gula dengan mixer berkecepatan tinggi sampai mengental berwarna putih mengembang dan ada jejaknya.
  3. Setelah itu Anda bisa mengurangi kecepatan mixer, tapi kocok terus sampai gelembungnya berkurang dan lenyap. Jika sudah matikan mixer.
  4. Kemudian campur terigu dan vanili. Setelah rata masukkan kedalam wadah kocokan telur tadi sambil diayak dan juga diaduk menggunakan sendok kayu, spatula, atau alat lainnya hingga tercampur rata. Aduklah dengan gerakan yang ringan dan secara perlahan.
  5. Lalu campur bahan lainnya jadi satu yaitu margarin cair dan susu kental manis. Jika sudah, masukkan bahan tersebut kedalam adonan. Cobalah untuk mengaduk perlahan dari dasar mangkuk sampai permukaan, ini berfungsi agar tidak ada lelehan margarin yang mengendap dalam dasar mangkuk.
  6. Tuangkan 3/4 bagian adonan ke dalam cetakan atau baking pan yang sudah kida siapkan ditahap awal.
  7. Untuk sisa adonan lainnya kita beri coklat bubuk yang sebelumnya diencerkan pakai air hangat. Aduklah perlahan hingga merata.
  8. Barulah tuangkan adonan coklat keatas adonan kue sebelumnya. Ratakan dengan garpu, sendok atau alat lain sampai membentuk motif.
  9. Panggang sampai adonan matang dengan posisi lubang pada bagian samping terbuka sebagian, ini supaya di bagian atas kue juga cepat matang. Disaat kue mulai terlihat hampir matang, kita bisa membuka semua lubangnya.
  10. Teruskan memanggang sampai kue matang. Gunakanlah api kecil agar kue tidak gosong. Setelah matang, biarkan kue dingin terlebih dulu, baru kita keluarkan dari baking pan.

Resep ini sangat praktis dan juga mudah untuk Anda praktekkan, maka dari itu Anda tak perlu takut gagal atau takut jika hasil bolu akan berakhir bantat.

Agar kue tidak bantat kuncinya adalah ketika Anda mengocok dengan kecepatan tinggi di awal. Pastikan adonan Anda kocok sampai benar - benar mengembang, kaku dan juga berwarna putih pucat.

Baca Juga :

Selamat mencoba ya, dan semoga berhasil.

Oh ya, jangan lupa untuk share artikel ini ya..

Sekian untuk Resep Kue Bolu Coklat 4 Telur ini, terima kasih.

0 Response to "Resep Kue Bolu Coklat 4 Telur"

Posting Komentar