Resep Bolu Cake Lembut Dan Mengembang

Resep Bolu Cake Lembut Dan Mengembang ini adalah dasar dalam membuat kue tart, kue ulang tahun dan lain sebagainya.

Sebab, akan percuma jika kue terlihat menarik diluar tapi bolu didalamnya bantat dan keras. Akan tetapi, lain lagi jika kue yang memiliki tektur bolu yang lembut juga tidak bantat.

Nah, jika Anda kini sedang belajar membuat kue dan cake tapi takut gagal atau bantat. Jangan risau dan khawatir, Anda bisa belajar dan mencoba membuat cake dari dasarnya terlebih dahulu.

resep-bolu-cake-lembut-dan-mengembang

Salah satu resep cake yang perlu dicoba adalah resep bolu cake atau yang biasanya disebut sponge cake yang sekarang kita bahas ini. Kue ini dibuat dengan mencampurkan telur dan gula terlebih dahulu dengan cara dikocok hingga kental dan berbusa, sampai kemudian ditambah dengan bahan-bahan lain yang sudah saya tulis.

Berawal dari sponge cake ini, kita bisa menghiasnya menjadi kue yang lebih istimewa. Contohnya, kita dapat membuatnya menjadi kue tart yang cantik juga menggoda selera.

Tekstur sponge cake yang sangat ringan serta lembut ini akan sangat cocok bila kita padukan dengan krim atau bisa juga dengan adonan gula untuk menghias kue, seperti Icing atau Pondant.

Namun, jika Anda betniat untuk langsung menyantapnya tanpa tambahan bahan apapun, itu juga sudah sangat enak lho!

Nah, gimana kalau kita langsung praktek untuk mencoba membuatnya sendiri? Dibawah ini merupakan resep membuat sponge cake yang mudah dan praktis.

Sedikit tips dari saya, jangan pakai telur yang baru kita keluarkan dari lemari es atau kulkas. Diamkan dulu sehingga suhu telurnya sama dengan suhu ruang.

Baca Juga :

Bahan Resep Bolu Cake Lembut Dan Mengembang

No Nama Bahan Jumlah Takaran
1 Gula Pasir 150 Gram
2 Putih Telur 6 Butir
3 Kuning Telur 10 Butir
4 Tepung Terigu 100 Gram
5 Ovalet 1 Sdm
6 Baking Powder 1/2 Sdt
7 Margarine Leleh 150 Gram
8 Whipped Cream 300 Gram
9 Keju Cheddar Secukupnya

Cara Membuat Bolu Cake Lembut Dan Mengembang

  1. Campur telur dan gula pasir serta ovalet di dalam satu wadah. Lalu kemudian aduk sampai jadi adonan yang kental, mengembang dan berjejak.
  2. Sesudah itu, tepung terigu dan baking powder dimasukan ke dalam adonan telur. Dan aduk pakai spatula kayu yang sudah bersih.
  3. Jika sudah baru tambahkan margarine leleh, aduk secara bolak - balik sehingga mentega menyatu rata dengan adonan.
  4. Tuangkan adonan ke dalam sebuah loyang yang diolesi mentega serta dilapisi kertas roti sebelumnya. 
  5. Panggang dalam oven bersuhu 170 derajat celsius sampai matang benar.
  6. Untuk mengtahui kematangan sebuah kue, kita bisa menggunakan tusuk gigi atau alat lain yang sejenis untuk menusuk pada bagian tengah kue. Bilamana tak ada kue yang menempel pada tusuk gigi, itu artinya kue sudah matang. Baru kita bisa mengangkatnya dan kita diamkan sementara.

Cara Menghias Bolu Cake

  1. Untuk menghias sponge cake, kita bisa menggunakan cara membelah cake jadi dua bagian.
  2. Beri cream pada bagian tengah kue, lalu tutupkan kembali belahan kue lain diatasnya.
  3. Berikan cream juga pada bagian atasnya, lalu Anda bisa menambahkan bahan taburan lain seperti keju parut, kismis, dll.

Anda juga bisa menhias Sponge cake sesuai selera.

Baca Juga :



Setelah Anda belajar untuk membuat sponge cake ini dan sudah mahir dalam membuatnya, Selanjutnya Anda bisa belajat beragam cara untuk menghias cake.

Saya sudah cukup ya, semoga Cara Membuat Bolu Cake Lembut Dan Mengembang ini bisa bermanfaat untuk Anda.

0 Response to "Resep Bolu Cake Lembut Dan Mengembang"

Posting Komentar