Resep Bolu Kukus Mekar dan Lembut Seperti Kapas

Resep Bolu Kukus Mekar dan Lembut Seperti Kapas ini merupkan resep yang sering kali ditanyakan oleh bunda yang hendak membuatnya untuk acara di rumah.

Jika Anda pemula yang baru saja belajar, sebaiknya Anda benar - benar mengikuti petunjuk pembuatannya dan sesuaikan takaran bahan dengan resep.

Namun untuk pemilihan warna, Anda bisa memodifikasi sesuai keinginan. Misalkan Anda bisa memakai semua warna dalam pelangi.

resep-bolu-kukus-mekar-dan-lembut-seperti-kapas

Tidak begitu banyak trik atau tips yang digunakan disini. Bahkan ketika saya membuatnya, adik saya yang masih kecilpun ikut membantu dalam proses menuangkan adonan dalam cetakan.

Akan tetapi, akan saya beri sedikit bocoran tentang penyebab kue bolu kukus tidak mekar. Biasanya ini terjadi karena pengocokan adonan kurang mengembang, lalu alat kukusan yang belum panas benar.

Selain itu air soda yang tidak fresh juga bisa jadi penyebab lho, dan satu lagi yaitu tutup kukusan yang tidak dialasi kain serbet, biasanya karena lupa. Hihihi...

Nah itulah beberapa faktor umum yang jadi penyebab gagalnya bolu.

Selain itu, selalu gunakan cetakan aluminium yang memiliki lubang. Sebab hal itu bisa membuat panas merata ke semua sisi adonan.

Sudah ngertikan..? Nah, saatnya praktek, siapin bahannya ya..

Resep Bolu Kukus Mekar Dan Lembut Seperti Kapas

Perhatikan baik - baik nama bahan dan jumlah takarannya. Jangan sampe salah.

Baca Juga :

Bahan-bahan Bolu Kukus Mekar Dan Lembut

Bahan Qty Ket
Tepung Terigu 500 Gram Sgitiga Biru
Gula Pasir 500 Gram -
Telur 6 Butir -
Vanili Bubuk 1 Sdt -
Emulsifier 1 Sdm Ovalet
Garam 1/2 Sdt -
Air Soda 300 ml Sprite
Pasta Secukupnya Pewarna Makanan

Untuk pasta disini saya menggunakan :

  • Pasta stroberi (pink)
  • Pasta pandan (hijau)
  • Pasta anggur (ungu)
  • Pewarna kuning

Anda bisa menyesuaikan saja

Cara Membuat Bolu Kukus Mekar Dan Lembut Seperti Kapas

  1. Seperti membuat bolu pada umumnya, kita awali dengan mengocok gula dan telur. Pakai mixer speed tertinggi hingga  bahan berbusa dan menyatu.
  2. Baru kita masukkan ovalet, vanili dan juga garam, kocok lagi hingga adonan terlihat mengembang.
  3. Jika sudah mengembang, masukkan secara bertahap tepung terigu, gantian dengan air soda, sedikit demi sedikit, sambil kita terus kocok hingga berwarna putih, agak pucat dan mengembang, dan biasanya berjejak. Lalu matikan mixer.
  4. Sesudah itu, siapkan beberapa wadah tergantung berapa banyak warna yang Anda gunakan.
  5. Karna saya memakai 5 warna, jadi saya membagi adonan menjadi 5 bagian, ukurannya disamakan atau sesuai keinginan Anda.
  6. Jika sudah, salah satu wadah biarkan berwarna putih biasa, sedangkan sisa wadah lainnya masing-masing diberi pasta atau pewarna makanan dengan pilihan warna yang Anda suka.
  7. Setelah itu, panaskan alat kukusan yang sudah diberi air secukupnya di atas api kecil atau sedang. Sementara itu, penutup kukusan harus kita alasi kain serbet dan diikat supaya air tidak menetes dan akibatnya merusak kue saat pengukusan berlangsung.
  8. Sementara menunggu kukusan panas, kita tuang adonan ke dalam cetakan bolu yang sebelumnya kita lapisi dulu dengan kertas kue.
  9. Isi cetakan dengan adonan secara berurutan dan sesuaikan warna yang Anda inginkan. Mengisi cetakan tidak perlu terlalu luber atau penuh, maksimalnya sejajar dengan cetakan. Anda boleh sisakan bagian cetakan sedikit saja, agar tidak beresiko tumpah. Sebab jika adonan dalam cetakan kurang, bisa mengakibatkan bolu gagal mekar.
  10. Setelah alat kukusan sudah benar-benar panas ditandai dengan air yang mendidih dan menguap. Baru kita masukan dan tata cetakan ke dalam kukusan, lalu tutup dan kukus selama 25 menit. INGAT!!! JANGAN MEMBUKA TUTUP SEBELUM JANGKA WAKTU TERSEBUT.
  11. Sementara adonan lain dikukus, Anda bisa melanjutkan menuangkan adonan ke dalam cetakan yang akan dikukus berikutnya. Anda bisa berkreasi disini, dengan membedakan urutan warna dengan cetakan sebelumnya.
  12. Jika jumlah cetakan Anda terbatas, Anda bisa menunggu sampai adonan bolu sebelumnya matang.
  13. Selesai.

Takaran resep diatas saya buat untuk 40 buah kue bolu kukus dengan ukuran cetakan sedang. Dengan kita menggunakan 6 butir telur, kita bisa mendapatkan hasil bolu dengan tekstur lembut dan mekar. Selain itu rasanga juga akan sangat lezat.

Baca Juga :


Karena hasilnya takan kalah dengan toko kue ternama, bahkan ternyata keluarga saya sangat menyukainya sampai-sampai ludes dalam sekejap, padahal tadinya saya kira sudah cukup banyak.

Jika Anda masih mendapatkan kesulitan untuk membuat Resep Bolu Kukus Mekar Dan Lembut Seperti Kapas ini, silahkan tinggalkan komentar.

1 Response to "Resep Bolu Kukus Mekar dan Lembut Seperti Kapas"